The World Reflects Our Mind (Tanya-jawab dimulai di 1:06:00)

In this video

Bagaimana kita menilai dunia sangat dipengaruhi oleh suasana hati kita. Apabila hati kita sedang bahagia maka dunia akan tampak indah. Sebaliknya, apabila hati kita sedang berada dalam keadaan yang tidak baik maka dunia pun terlihat tidak indah.

Jadi, dunia menjadi indah atau pun tidak indah karena pandangan subjektif kita. Kita telah gagal melihat dunia secara objektif. Inilah mengapa kita bisa menemukan dua orang berdebat terhadap satu permasalahan yang mereka lihat dan alami bersama-sama!

Berkaitan dengan hal tersebut, kita bisa menemukan dua tipe manusia di muka bumi ini. Tipe pertama adalah manusia yang merubah objek demi kebahagiaan mereka. Mereka akan selalu berusaha merubah dan memanipulasi dunia supaya sesuai dengan keinginan mereka. Menurut manusia tipe ini, mereka hanya akan bahagia apabila dunia ini sudah berhasil dibentuk sesuai dengan paham yang mereka yakini. Dan untuk itu, mereka akan memaksa orang lain untuk mengikuti keinginan mereka. Inilah awal mula dari konflik dan perpecahan.

Tipe yang kedua adalah manusia yang merubah subjek demi mendapatkan kebahagiaan. Menurut mereka, kebahagiaan tergantung pada kualitas hati dan oleh karena itulah mereka berjuang keras untuk mengembangkan hati supaya bisa penuh cinta kasih, belas kasih dan kesabaran. Dengan kualitas hati seperti itu mereka bisa menerima perbedaan dengan lapang dada. Tipe manusia yang kedua inilah yang diajarkan oleh Buddhisme.

Demikianlah sekilas intisari dari ceramah Ashin Kheminda kali ini. Ceramah ini diberikan di kelas Pariyatti Sasana, 4 Juni 2017.

Selamat menikmati!

Materi kelas bisa di unduh disini: www.dhammavihari.or.id/abhidhamma

DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti oleh Ashin Kheminda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi Sekretariat Dhammavihari Buddhist Studies (DBS).

Email: yayasandhammavihari@gmail.com
Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430
Website: dhammavihari.id
Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

(Visited 11 times, 1 visits today)

You Might Be Interested In

Other Channels