KELAS DASAR ABHIDHAMMA

(Visited 17 times, 1 visits today)

Proses-Kognitif yang Dekat dengan Kematian (Maraṇāsanna Vīthi) (SAC.4.10)

Sebagai penutup kelas bab ke-4 dari Abhidhammattasaṅgaha yang berjudul Proses-Kognitif, telah di-jelaskan mengenai Proses Kognitif Yang Dekat dengan Kematian (Maraṇasannavīthi). Proses kognitif ini disebut dekat dengan kematian karena selalu disertai dengan kemunculan kesadaran-kematian (cuti citta) di dalam proses tersebut. Proses ini bisa muncul di salah satu pintu pancaindra atau di pintu batin. Terdapat beberapa variasi proses-kognitif tergantung dari perwujudan objek dan juga di ma-khluk apa proses tersebut muncul. Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: http://bit.ly/2lbAcpa Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 17:00 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. Saat ini berbagai ceramah Kelas Pariyatti Sāsana dan Kelas Abhidhamma Ashin Kheminda sudah dapat didengarkan melalui Spotify, Apple Podcast, iTunes Store dan Google Podcast. Please subscribe/follow and share. https://open.spotify.com/show/3eBvNd5... Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Klasifikasi Berdasarkan Bumi( Bhumībheda) (SAC.4.9)

Setelah membicarakan tentang perbedaan jumlah kesadaran yang bisa muncul di proses kognitif tiap-tiap individu. Pertemuan kali ini membahas tentang Klasifikasi Berdasarkan Bumi. Di sini dibahas tentang kesadaran-kesadaran yang bisa muncul di proses kognitif individu-individu yang ada di alam materi-halus dan nonmateri. Selain itu, juga dibahas tentang kesadaran-kesadaran apa saja yang bisa muncul di proses-kognitif pada makhluk di tiga alam. Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: http://bit.ly/2kjMdbT Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 17:00 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Perbedaan Di Dalam Individu (Puggalabheda) (SAC.4.8)

Setelah membicarakan tentang proses-kognitif baik di pintu pancaindra maupun pintu batin serta aturan dari yang mempertahankan objek serta impuls. Di kelas ini dijelaskan tentang perbedaan jumlah kesadaran yang bis muncul di proses kognitif tiap-tiap individu. Di Buddhisme kita mengenal ada 12 jenis individu, 4 di antaranya merupakan makhluk biasa dan 8 sisanya adalah makhluk suci. Di antara mereka terdapat kesadaran-kesadaran yang tidak bisa muncul di proses kognitif yang dikarenakan oleh beberapa alasan seperti dihalangi oleh kesadaran penyambung-kelahiran kembali, bodohnya kesadaran penyambung-kelahiran kembali, hancurnya sebagian atau keseluruhan dari kecenderungan laten, atau sebatas belum mencapai tingkat tertentu. Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: http://bit.ly/2kcmqSW Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 17:00 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Hukum yang Mempertahankan-Objek (Tadārammaṇaniyama) -2 (SAC.4.7)

Kesadaran yang muncul sebagai yang mempertahankan-objek (tadārammaṇa) merupakan kesadaran resultan sebagai buah dari kamma kita. Akan tetapi, yang mempertahankan-objek ini tidak selalu muncul, ada hukum atau aturan sendiri baginya agar dapat muncul. Selain berkaitan dengan objek sangat besar (atimahantārammaṇa) di proses kognitif pintu pancaindra atau objek terang (vibhūtārammaṇa) di proses kognitif pintu batin, harus juga memenuhi tiga syarat ini yaitu mengikuti impuls lingkup-indriawi (kāmajavana), makhluk lingkup-indriawi (kāmasatta) dan objek lingkup-indriawi (kāmārammaṇa). Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: http://bit.ly/2lTFi9N Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 17:00 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Hukum yang Mempertahankan-Objek (Tadārammaṇaniyama) -1 (SAC.4.6)

Dalam kehidupan sehari-hari kita senantiasa menerima buah dari kamma baik maupun buruk. Buah kamma ini hanyalah merupakan kemunculan dari kesadaran pancaindra, yang menerima, yang menginvestigasi dan yang mempertahankan objek sesuai dengan objeknya. Lalu apakah perasaan sedih, marah dan kesal merupakan buah kamma buruk? Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: http://bit.ly/33W00qY Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 17:00 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Magdalena: Proses Kognitif Pintu Batin (3) (SAC.4.5)

Setiap umat Buddha tentu ingin mencapai pencerahan, namun apa itu pencerahan? Pencerahan tidak lain adalah kemunculan kesadaran adiduniawi di proses-kognitif pintu batin seseorang yang mencapai puncak dari meditasi vipassana-nya. Di kelas ini, dijelaskan tentang lanjutan dari proses-kognitif pintu batin fase impuls absorpsi teru-tama mengenai proses-kognitif absorpsi Jalan (magga appanā vīthi), pencapaian Buah (phala samāpatti), proses-kognitif untuk pengetahuan yang lebih tinggi (abhiñña appanā vīthi) serta pen-capaian penghentian (nirodha samāpatti). Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: http://bit.ly/2YZEjr5 Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 17:00 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Magdalena: Proses Kognitif Pintu Batin (2) (SAC.4.4)

Setelah selesai menjelaskan tentang proses kognitif pintu batin fase impuls terbatas, di kelas ini dibahas tentang apannā javana manodvāravīthi (proses kognitif pintu batin fase impuls absorpsi). Proses kognitif jenis ini hanya muncul sebagai hasil meditasi samatha atau vipassanā. Untuk per-temuan kali ini yang dibahas adalah proses kognitif pencapaian jhāna yang dibagi menjadi dua yaitu untuk pemula/pertama kali dan pencapaian jhāna (jhāna samāpatti) serta proses kognitif pencapai Jalan yang pertama. Proses-proses kognitif yang hanya berlangsung di pintu batin ini dibedakan lagi berdasarkan dua jenis individu yaitu yang tumpul (manda) dan yang tajam (tikkha) Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: http://bit.ly/2OSA4t1 Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 17:00 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Magdalena: Proses Kognitif Pintu Batin (1) (SAC.4.3)

Untuk dapat memahami objek dengan sempurna, tidaklah cukup hanya dengan kemunculan rangkaian kesadaran di proses kognitif pintu pancaindra saja tetapi dibutuhkan berkali-kali rangkaian proses kognitif pintu batin yang dapat dibagi menjadi empat atau lima tahapan. Proses kognitif pintu batin yang muncul persis setelah kelenyapan objek di proses kognitif pintu pancaindra ini disebut sebagai proses kognitif pintu batin yang mengikuti proses kognitif pintu pancaindra. Akan tetapi di dalam kehidupan sehari-hari juga terdapat proses kognitif pintu batin yang murni yang tidak mengikuti proses kognitif pancaindra seperti saat seseorang memikirkan apa yang pernah dilihat atau berkaitan dengan apa yang dilihat; apa yang pernah didengar atau berkaitan dengan apa yang pernah didengar dan seterusnya. Proses kognitif pintu batin yang dijelaskan di kelas kali ini merupakan proses-kognitif pintu batin dengan fase impuls terbatas. Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: http://bit.ly/2YI4hOT Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 16:30 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Magdalena: Proses Kognitif Pintu Pancaindra (2) (SAC.4.2)

Di sepanjang kehidupan proses yang terjadi hanyalah kemunculan antara proses kognitif dengan bebas proses secara bergantian. Hal ini bahkan sudah terjadi sejak dari awal saṃsāra yang sudah tidak diketahui lagi. Di bab keempat dari Abhidhamattasaṅgaha ini akan dipelajari semua hal mengenai proses kognitif baik di proses kognitif pintu pancaindra maupun pintu batin Sebagai kelas kedua, telah dijelaskan mengenai empat perwujudan objek di proses kognitif pintu pancaindra yang terdiri dari objek besar (atimahantārammaṇa), objek besar (mahantārammaṇa), objek kecil (parittārammaṇa) dan objek sangat kecil (atiparittārammaṇa). Sebanyak 46 kesadaran lingkup indriawi dapat muncul dalam salah-satu proses kognitif lima pintu dan secara total terdapat 54 kesadaran lingkup-indriawi (kāmāvacara citta) yang dapat muncul di proses kognitif lima pintu. Akan tetapi dalam satu proses hanya ada 14 individu kesadaran (citta) yang dapat muncul dan lenyap dalam melakukan fungsinya. Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: https://drive.google.com/file/d/1dpLyWHVPkA5nWIn5PYWy7AHELeHBPaC9/view Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 16:30 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Magdalena: Proses Kognitif Pintu Pancaindra (1) (SAC.4.1)

Di sepanjang kehidupan proses yang terjadi hanyalah kemunculan antara proses kognitif dengan bebas proses secara bergantian. Hal ini bahkan sudah terjadi sejak dari awal saṃsāra yang sudah tidak diketahui lagi. Di bab keempat dari Abhidhamattasaṅgaha ini akan dipelajari semua hal mengenai proses kognitif baik di proses kognitif pintu pancaindra maupun pintu batin Sebagai kelas pertama, telah dijelaskan bahwa proses kognitif merupakan rangkaian kesadaran yang muncul dan lenyap dengan keteraturan yang sudah pasti untuk mengenali objek. Dengan demikian kita mengenal ada proses kognitif pintu pancaindra dan proses kognitif pintu batin yang masing-masing dibagi lagi sesuai dengan kekuatan dari objeknya. Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: https://drive.google.com/file/d/1dv9Jq7ehVRO-XQeKZSgiDjDy7BuvdjTs/view Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 16:30 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Magdalena: Ikhtisar Landasan

Di kelas terakhir dari Bab ketiga Abhidhammattasaṅgaha yang bernama serbaneka ini, telah dijelaskan mengenai ikhtisar landasan (vatthusaṅgaha). Landasan adalah tempat bersandarnya kesadran dan faktor-faktor mental. Buddha mengajarkan tentang enam landasan yaitu landasan-mata (cakkhuvatthu), landasan-telinga (sotavatthu), landasan-hidung (ghanavatthu), landasan-lidah (jivhāvatthu), landasan-tubuh (kāyavatthu) dan landasan hati (hadayavatthu). Semua landasan ini merupakan materi (rūpa). Di kelas ini juga dibahas tentang landasan apa saja yang dapat ditemukan di tiga tingkatan bumi (tebhūmaka). Di alam brahmā materi-halus hanya dapat ditemukan 3 landasan namun tidak ada landasan yang dapat ditemukan di makhluk brahmā nonmateri. Akan tetapi, ini tidak berarti bahwa kesadaran tidak dapat muncul di batin seorang brahmā nonmateri. Ternyata ada 42 kesadaran yang bisa muncul dengan bersandar dan tanpa bersandar dan ada 4 kesadaran yang tidak memerlukan landasan apa pun. Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: https://drive.google.com/file/d/1uvFcKIIErE3piNjukeV6zG7qtQl_6ih6/view Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 16:30 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Magdalena: Review Ikhtisar Objek

Di kelas ini dilakukan pengulangan penjelasan tentang ikhtisar objek (ālambanasaṅgaha) untuk memantapkan pemahaman peserta akan hubungan antara objek dengan kesadaran-kesadaran. Selamat menikmati! Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 16:30 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Magdalena: Ikhtisar Objek – 3 (SAC 3.8)

Setelah mempelajari tentang enam jenis objek yaitu objek bentuk, objek suara, objek ganda, objek rasa, objek sentuhan dan objek mental, di kelas ini dijelaskan tentang kesadaran apa saja yang bisa menyadari objek-objek tersebut. Tidak semua kesadaran bisa menyadari atau mengenali semua objek. Kesadaran pancaindra hanya bisa menangkap objeknya masing-masing; tiga elemen-batin bisa menangkap lima objek pancaindra; ada 12 kesadaran bisa menangkap objek objek lingkup-indriawi (kāmāvacarārammaṇa); 20 kesadaran bisa menangkap lebih banyak objek yaitu yang termasuk di dalam objek duniawi (lokiyārammaṇa); 5 kesadaran bisa menangkap semua kecuali Jalan dan Buah Arahatta; 6 kesadaran bisa menangkap semua objek; 6 kesadaran lain mempunyai objek yang lebih tinggi (mahaggatārammaṇa), 21 kesadaran mempunyai konsep sebagai objek dan 8 kesadaran dapat menangkap Nibbāna sebagai objek. Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: http://bit.ly/sacbab3k8 Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 16:30 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Magdalena: Ikhtisar Objek – 2 (SAC 3.7)

Saat berfungsi sebagai yang terbebas dari pintu (kesadaran penyambung kelahiran kembali, faktor kehidupan #objek yang telah diambil oleh impuls menjelang kematian di kehidupan sebelumnya. Objek-objek tersebut mempunyai sebutan sendiri yaitu kamma, tanda kamma (kamma nimitta) dan tanda tujuan (gati nimitta). Objek tersebut bisa berupa salah satu dari enam jenis objek baik masa kini, masa lalu maupun yang terbebas dari waktu sesuai dengan proses yang berlangsung. Demikian lanjutan dari penjelasan tentang ikhtisar objek (#ālambanasaṅgaha) yang masih akan berlanjut di kelas berikutnya. Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: http://bit.ly/sacbab3k7 Program Saturday #Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 16:30 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

Magdalena: Ikhtisar Objek (SAC 3.6)

Sebagai #dhamma yang terkondisi, kesadaran hanya akan muncul bila semua kondisinya terpenuhi, salah satunya adalah adanya objek di jangkauan pintu. Sesuai dengan karakteristik dari kesadaran yaitu menyadari adanya #objek, maka objek merupakan unsur penting untuk kemunculan dari kesadaran. Di ikhtisar objek (#ālambaṇasaṅgaha) ini kita akan mempelajari apa saja yang bisa menjadi objek dan kesadaran yang dapat mengambil objek tersebut. Di kelas ini telah dibahas tentang enam objek yang terdiri dari enam objek pancaindra dan objek mental. Kesadaran-kesadaran yang muncul di proses kognitif pintu pancaindra hanya dapat menangkap objek pancaindra yang sedang berlangsung (masa kini). Akan tetapi kesadaran-kesadaran di proses kognitif pintu batin bisa menangkap enam objek dari tiga waktu dan juga terbebas dari waktu. Selamat menikmati! Materi kelas bisa di unduh di sini: http://dhammavihari.or.id/?ddownload=5169 Program Saturday Abhidhamma Class (SAC) ini diadakan setiap hari Sabtu dari jam 16:30 hingga 18:30 di Dhammavihārī Buddhist Studies dengan tujuan untuk memfasilitasi para umat yang ingin belajar Abhidhamma sesuai dengan kitab Abhidhammatthasaṅgaha dan subkomentar Vibhāvinī Ṭīkā mulai dari bab pertama. Kelas dibawakan oleh Magdalena yang merupakan murid dari Ashin Kheminda. Seperti halnya kelas Abhidhamma DBS hari Sabtu oleh Ashin Kheminda, materi kelas SAC juga akan disampaikan secara terstruktur dengan menyelami isi dari buku Manual Abhidhamma karya dari Ashin Kheminda. DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti Sāsanā oleh Ashin Kheminda. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi: SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS) Email: yayasandhammavihari@gmail.com Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430 Website: dhammavihari.or.id Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.