Perenungan terhadap Perasaan (Vedanānupassanā) – Tanya-jawab di 1:32:57

In this video

“Evampi kho, bhikkhave, bhikkhu vedanāsu vedanānupassī viharati.”
Demikianlah, para bhikkhu, bagaimana seorang bhikkhu berdiam merenungkan perasaan sebagai perasaan. Syair di atas adalah penutup dari Vedanānupassanā (Perenungan terhadap Perasaan).

Di kelas Pariyatti Sāsanā minggu ini, Ashin Kheminda kembali mengajarkan hal yang sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan kita yaitu tentang Vedanānupassanā (Perenungan terhadap Perasaan). Perenungan ini merupakan bagian dari Mahāsatipaṭṭhāna Sutta yang berisi petunjuk mengenai meditasi oleh Buddha kepada para muridnya. Sutta ini terdiri dari empat macam perenungan, namun Ashin Kheminda hanya menguraikan tentang perenungan terhadap perasaan karena menurut beliau bagian ini sangat penting untuk dipahami sebagai modal untuk membangun kehidupan yang damai di saat ini.

Selama ini tanpa disadari kita selalu terjebak di dalam permainan yang senantiasa menginginkan perasaan bahagia, nyaman atau suka serta menolak perasaan yang tidak menyenangkan, sakit atau duka karena kita menganggap semua perasaan itu adalah kekal. Hal seperti ini sangat berbahaya karena persepsi seperti itu merupakan pandangan salah yang muncul sebagai akibat dari ketidaktahuan (avijjā) dan kehausan (taṇhā). Hal ini jugalah yang menyebabkan kita menjadi menderita karena pada kenyataannya—seperti yang dijelaskan oleh Ashin Kheminda—perasaan itu adalah tidak kekal (anicca), tidak stabil (adhuva) dan dhamma yang bercirikan perubahan (vipariṇāmadhamma). Apabila kita mampu memahami dan melihat karakteristik yang demikian maka hidup kita akan menjadi ringan.

Selamat menikmati!

Video ini merupakan kelas Pariyatti Sāsana yang diadakan di DBS setiap hari Minggu pagi, jam 9 – 11.30. Di kelas ini biasanya Ashin Kheminda akan menyampaikan materi-materi dari Sutta Piṭaka dengan kurikulum yang terstruktur. Manfaatnya telah dirasakan oleh para umat yang hadir, karena setiap minggu mereka belajar tentang materi yang berbeda-beda. Dengan demikian, dalam waktu yang singkat pengetahuan Dhamma mereka bertambah dengan pesat.

Materi kelas bisa di unduh disini: http://dhammavihari.or.id/?ddownload=3766

DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti oleh Ashin Kheminda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi

SEKRETARIAT DHAMMAVIHARI BUDDHIST STUDIES (DBS)
Email: yayasandhammavihari@gmail.com
Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430
Website: dhammavihari.or.id
Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

(Visited 12 times, 1 visits today)

You Might Be Interested In

Other Channels