Memahami Batin Memahami Kehidupan

In this video

Pada tanggal 28 Mei 2017, DBS menyelenggarakan perayaan Waisak di The Palms Ballroom, Mall Taman Palem, Jakarta Barat. Perayaan Waisak yang sangat meriah tersebut dihadiri oleh banyak umat dari berbagai daerah.

Puncak acara adalah ceramah Dhamma yang diberikan oleh Ashin Kheminda dengan mengambil topik Memahami Batin Memahami Kehidupan. Topik tersebut sangat berkaitan dengan situasi di Indonesia kali ini. Semua makhluk menginginkan kebahagiaan. Ashin Kheminda mengingatkan kita supaya mencari kebahagiaan dengan cara yang benar. Karena apabila kita mencari kebahagiaan dengan cara yang tidak benar atau di tempat yang salah maka kebahagiaan tidak akan bisa kita dapatkan. Lebih jauh lagi, Ashin menyampaikan bahwa di dunia ini ada dua tipe manusia. Tipe manusia yang pertama adalah tipe yang mengejar kebahagiaan dengan cara memanipulasi dan memaksa dunia supaya sesuai dengan yang dia harapkan. Manusia-manusia seperti ini percaya bahwa mereka baru akan bisa bahagia apabila dunia bisa dibentuk sesuai dengan keinginan mereka. Tetapi tentu saja hal seperti ini tidak benar. Meski pun dunia sudah seragam dan sesuai dengan keinginan mereka maka tetap saja akan ada pertengkaran dan permusuhan. Hal ini terjadi karena memang sifat dari kotoran batin adalah selalu mencari-cari kesalahan di dunia ini.

Tipe manusia yang kedua adalah manusia yang tidak memanipulasi dan memaksa dunia melainkan yang melatih hatinya supaya bisa menerima apa pun yang terjadi dengan lapang dada. Tipe kedua inilah yang diajarkan oleh Buddhisme.

Ceramah singkat ini sangat bermanfaat dan membuka mata hati kita supaya kita bisa mencari kebahagiaan dengan cara yang benar dan di tempat yang benar!

Kualitas gambar dan suara di dalam rekaman ini kurang sempurna dikarenakan keterbatasan fasilitas yang ada di gedung. Walau pun demikian kami berharap ceramah ini tetap bisa mencerahkan hati Anda.

Selamat menikmati!

Materi kelas bisa di unduh disini: www.dhammavihari.or.id/abhidhamma

DBS juga menyediakan DVD ceramah Kelas Pariyatti oleh Ashin Kheminda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, silakan menghubungi Sekretariat Dhammavihari Buddhist Studies (DBS).

Email: yayasandhammavihari@gmail.com
Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430
Website: dhammavihari.id
Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

(Visited 19 times, 1 visits today)

You Might Be Interested In

Other Channels