Ashin Kheminda: Normalisasi Hati

In this video

Dalam ceramahnya kali ini, Ashin Kheminda menggunakan perumpamaan normalisasi sungai untuk menguraikan proses ‘meningkatkan volume hati’ sehingga mampu menampung ‘sampah-sampah’ atau kekotoran batin di hati, menyalurkan dan melepaskannya tanpa harus menyakiti diri sendiri ataupun orang lain.

Normalisasi sungai adalah salah satu cara yang dipakai oleh pemerintah DKI untuk meningkatkan kapasitas sungai dengan cara mengeruk endapan-endapan sungai. Cara ini sangat efektif untuk mengendalikan dan mengurangi banjir. Dengan normalisasi sungai maka korban dan kerusakan akibat banjir bisa dikurangi.

Lalu bagaimana dan apa yang dimaksud dengan Normalisasi Hati? Apakah normalisasi hati benar-benar bisa meningkatkan kapasitas hati sehingga mampu menampung semua emosi-emosi negatif di dalam hati dan kemudian menyalurkannya tanpa harus menyebabkan ‘banjir’ emosi yang meluap keluar melalui ucapan dan perbuatan-perbuatan kita? Dan bagaimana dengan normalisasi hati kita bisa meningkatkan kualitas kehidupan serta hidup harmonis dengan sesama tanpa saling menyakiti?

Untuk mendapatkan jawabannya, silakan mendengarkan ceramah Ashin Kheminda yang merupakan ceramah penutup di semester lalu (18 Desember 2016) ini.

Selamat menikmati!

Sekretariat DBS:
Email: yayasandhammavihari@gmail.com
Telpon: 0857 82 800 200, 0812 86 30 3000 dan 021 22556430
Website: dhammavihari.or.id
Facebook: Dhammavihari Buddhist Studies.

(Visited 6 times, 1 visits today)

You Might Be Interested In

Other Channels