images (1)

Thitayanno Thera

Thitayañño adalah seorang bhikkhu di bawah Sangha Theravada Indonesia yang telah memperoleh sebutan Thera. Kini ia berdomisili di Vimalachanda Arama, Singkawang. Saat ini, ia aktif memberikan dhammadesana (ceramah Dhamma) dan pembelajaran meditasi di seluruh Indonesia.

Thitayanno ditahbiskan sebagai Samanera di Bangkok, Thailand pada tanggal 13 Desember 1998.

Tanggal 4 Juli 1999, ia ditahbiskan menjadi bhikkhu dengan nama penahbisan Thitayañño. Bhante Thitayanno Thera ditahbiskan di Wat Bovorn Bangkok kemudian menghabiskan satu kali masa Vassa (periode musim hujan) di tempat tersebut. Selanjutnya, ia belajar sekaligus mengajar meditasi di International Theravada Buddhist Missionary University di Yangon, Myanmar selama tiga masa Vassa.

Pada tahun 2003, Bhikkhu Thitayanno kembali ke Indonesia dan memimpin Indonesian Tipitaka Centre bersama dengan beberapa tokoh Buddhis di antaranya, Pmd. Wirawan Giriputra, Ir. Ony Hindra Kusuma MBA, Romo Tju Tjang Seng dan aktivis Buddhis lainnya seperti Elina Wirawan, Chaidir Thamrin (penerjemah kitab Vinaya) dan Johan Wijaya (penerjemah kitab Jataka) di Medan. Tahun 2006, ia ditugaskan ke Kalimantan Barat untuk menjadi pemimpin biara wilayah tersebut. Selain itu, Y.M. Bhikkhu Thitayañño Thera juga aktif membimbing umat-umat yang melakukan perjalanan spiritual terutama Dhammayatra ke tempat-tempat suci seperti India.

(Visited 47 times, 1 visits today)

Videos