7RB_4247

Ayya Santini

Y.M. Bhikkhuni Santini Theri yang lebih dikenal dengan Ayya Santini adalah ketua sekaligus ujung tombak Sangha Bhikkhuni Theravada Indonesia. Sedari kecil, kira-kira pada usia 7 tahun beliau sudah merasakan panggilan hati untuk menjalani kehidupan sebagai samana. Tekad tersebut semakin kuat tanpa ada yang bisa menghalangi. Pada tanggal 29 September 1990 beliau ditahbiskan di Brahmavihara Arama – Bali oleh mendiang Y.M. Bhante Girirakkhito Mahathera sebagai Maechi Santini. Dengan semangat yang terus menyala beliau melewati berbagai rintangan sampai kemudian menjadi bhikkhuni Theravada dan akhirnya terbentuklah Sangha Bhikkhuni Theravada Indonesia.

Y.M. Bhikkhuni Santini Theri bukan hanya membangun dan mengembangkan pelatihan-pelatihan di Wisma Kusalayani dan di Vihara serta Cetiya binaan beliau. Melainkan juga berkeliling hampir ke banyak kota di Indonesia dan ke beberapa negara lain demi mendukung berkembangnya pembabaran Dhamma. Maka bukan hanya banyak dikenal di Indonesia, di luar negeripun beliau banyak mendapatkan pengakuan dan penghargaan. Undangan-undangan sebagai pembicara di Forum-Forum Internasionalpun berdatangan. Bahkan organisasi terkenal dunia PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) memberikan penghargaan “Outstanding Women in Buddhism Awards 2007”, sebuah penghargaan dunia yang tentunya tidak sembarangan dikeluarkan.

Dengan masa Vassa yang termasuk senior dan layak untuk menjadi penahbis maka beliau juga cukup banyak berperan dalam kebangkitan Bhikkhuni Theravada Dunia. Pada bulan April 2014 dan bulan Januari 2016 beliau diundang sebagai penahbis (Pavattini) di Perth Australia. Dan hampir di setiap penahbisan bhikkhuni theravada di wilayah Asia dan Australia beliau diundang. Sebuah peristiwa bersejarah juga telah dicetuskan di Indonesia pada tanggal 21 Juni 2015. Upasampada Bhikkhuni Theravada Indonesia untuk pertama kalinya diselenggarakan secara spektakuler setelah lebih dari seribu tahun menghilang. Saat itu terbentuklah Sangha Bhikkhuni Theravada Indonesia. Peristiwa itu juga sekaligus mengharumkan nama bangsa karena yang ditahbis berasal dari berbagai negara, sedangkan Upasampada Bhikkhuni Theravada masih merupakan hal yang langka di negara Asia. Dan tentunya dalam momen langka ini Y.M. Bhikkhuni Santini Theri sebagai penahbis (Pavattini).

(Visited 140 times, 1 visits today)

Videos